view plainprint? view plainprint?
Kode script ChatBox Anda atau bisa diganti dengan kode widget atau apa sajalah terserah.....
ChatBox
Home » » Perajin Golek Rawamerta Bikin Sanggar

Perajin Golek Rawamerta Bikin Sanggar

Written By tvberita.com on Saturday 19 May 2012 | 20:46

KARAWANG, TVBERITA.com - Demi melestarikan seni budaya wayang golek para perajin kesenian ini di Desa Gombongsari, Rawamerta, Karawang Jawa Barat, Sabtu (19/05/2012) siang mendirikan sangar pengrajin wayang golek.

Tidak hanya di Kota Kembang Bandung yang terkenal akan seni budaya wayang golek, tetapi di Kota Karawang, Jawa Barat, selain terkenal dengan Goyang Karawangnya, juga kental dengan kesenian wayang goleknya. Bahkan di Desa Gombongsari, Rawamerta, Karawang Jawa Barat adalah salah satu sanggar perajin wayang golek.

Para pengrajin Wayang Golek di desa gombongsari, berkerja sama untu membentuk sanggar pengrajin tersebut, biasanya mereka membuat aneka ragam tokoh-tokoh Golek , untuk di jual, biasanya mereka menjual golek tersebut ke luar kota Karawang, seperti Bandung, Bogor, Banten dan sebagainya, Bahkan mereka juga menerima pesanan dari para Dalang-dalang Wayang Golek.

Menutut seorang perajin wayang golek, Amad (35), dalam pembuatan wayang golek tersebut membutuhkan dua hari untuk bisa menyelesaikan satu buah wayang golek, yaitu dari tahap awal penyeleksian kayu, penecatan sampai penjahitan baju golek tersebut. Bisanya para perajin golek di Desa Gombongsari menggunakan kayu albasiah untuk pembuatan golek ntersebut, karena lebih ringan dan mudah untuk di bentuknya. Namun sangat disayangkan kinerja mereka mesti terhambat karena kurangnya modal, sedangkan belum ada bantuan dari pihak pemerintah daerah. (Ede Izzar)

Share this article :

0 comments:

Post a Comment