view plainprint? view plainprint?
Kode script ChatBox Anda atau bisa diganti dengan kode widget atau apa sajalah terserah.....
ChatBox
Home » » Puluhan ABG Subang Ritual Tengah Malam Mencari Jodoh Dan Rejeki

Puluhan ABG Subang Ritual Tengah Malam Mencari Jodoh Dan Rejeki

Written By tvberita.com on Wednesday 8 February 2012 | 21:57





SUBANG(TVberita.com)- Beragam cara dilakukan umat muslim dalam menyambut Maulid Nabi SAW di Subang Jawa barat, ratusan warga dari berbagai daerah mengikuti ritual mandi tengah malam yang dipercaya dapat mensucikan diri dan mengabulkan segala permintaan. Ritual ini dilakukan warga untuk melestrikn budaya bangsa yang kini nyaris hilang tergerus budaya barat.

Ritual mandi malam yang rata-rata diikuti oleh wanita ini dilakukan tepat pukul dua belas malam/ di kampung negrak, kecamatan Ciater, Subang. para wanita yang memakai pakaian serba putih ini langsung menceburkan diri ke telaga yang bersumber dari air terjun pangadegan, ciater, Subang.

Didalam air, warga pun tidak sembarangan mandi, namun warga harus melakukan ritual mandi malam dengan gerakan-gerakan khusus. Setelah itu yang lainnya dapat mandi dengan bebas. Sebelum melakukan mandi malam ini/ warga pun harus melakukan berbagai ritual lainnya, seperti menari, mengelilingi pohon dan tawasulan atau berdoa.

Menurut warga, ritual mandi malam ini dipercaya banyak manfaatnya seperti mensucikan diri, kesehatan dan mengabulkan segala permintaan termasuk enteng jodoh. Menurut panitia, ritual mandi malam ini tidak hanya diikuti oleh warga subang, namun banyak dari daerah lain yang ikut dalam ritual ini, seperti bogor, karawang, sumedang dan bandung.

Ritual mandi malam ini dilakukn warga sebagai bentuk merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW dan untuk melestrikan budaya bangsa yang kini nyaris hilang tergerus budaya barat. diharpkan dengan adanya ritual ini para pemuda sebagai generasi penerus dapat mempertahankan tradisi dari nenek moyang yang sudah terjadi ratusan tahun yang lalu.(TVberita.com)
Share this article :

0 comments:

Post a Comment