view plainprint? view plainprint?
Kode script ChatBox Anda atau bisa diganti dengan kode widget atau apa sajalah terserah.....
ChatBox
Home » » Gunung Galunggung Tasikmalaya Status Siaga Warga Resah

Gunung Galunggung Tasikmalaya Status Siaga Warga Resah

Written By tvberita.com on Wednesday 22 February 2012 | 13:55

TASIKMALAYA (TVberita.com)- Status Gunung Galunggung, hingga saat ini masih berstatus waspada, setelah tanggal 12 februari lalu di danau kawah gunung api galunggung menunjukan perubahan aktivitas kegunung apian, sehingga p-v-m-b-g pusat Vulcanologi dan Mitigasi bencana geologi bandung, merubah statusnya dari aktif normal menjadi waspada, namun dengan penetapan status waspada ini, warga sekitar yang dekat sekali dengan gunung galunggung merasa resah.

Dengan adanya penetetapan status gunung api galunggung dari aktif normal menjadi waspada sejak tanggal 12 februari lalu/ warga sekitar gungung galunggung merasa resah, mengingat warga merasa trauma takut terulang dengan kejadian meletusnya gunung galunggung pada tahun 1982, 30 puluh tahun yang lalu. Keresahan bukan tanpa alasan mereka kemukakan, karena dalam keseharian mereka beraktivitas tergangu dengan status waspada dan selalu melirik ke arah gunung galungung, karena was-was gunung galunggung benar-benar meletus.

Bahkan kebanyakan warga yang paling terdekat dengan kawah galunggung, mereka sejak dini telah membundel sebagaian pakaiannya dalam karung dan surat-surat berharga, untuk mengantisipasi bila benar-benar terjadi.

Seperti halnya warga sekitar kampung batu dan kampung cipanas, desa linggarjati kecamatan sukaratu, misalnya. Meskipun warga kini masih tenag di kampungnya namun masih kebingungan meski mereka telah waspada dan bersiap-siap bila hal terburuk terjadi/, mereka harus lari dan mengungsi kemana. Warga berharap pemerintah daerah segera mensosialisasikan langkah-langkah antisipasi terkait apabila terjadi bercana kepada masyarakat terutama kepada masyarakat dan lokasi yang terancam bahaya galunggung.

Menurut data terakhir dari pos pemantau kegunung apian gunung api galunggung, yang berada di kecamatan pada kembang di kaki gunung galunggung, sejak 6 februari 2012 teramati adanya peningkatan aktivitas vulcanic yang di tandai oleh makin meluasnya bualan air dan perubahan warna pada danau air kawah.(TVBerita.com).
Share this article :

0 comments:

Post a Comment