view plainprint? view plainprint?
Kode script ChatBox Anda atau bisa diganti dengan kode widget atau apa sajalah terserah.....
ChatBox
Home » » PT Amerta Indah Otsuka (AIO) Tanam Pohon jenis Endemik dan Pohon Produktif Di Desa Kutajaya Sukabumi

PT Amerta Indah Otsuka (AIO) Tanam Pohon jenis Endemik dan Pohon Produktif Di Desa Kutajaya Sukabumi

Written By tvberita.com on Tuesday 19 June 2012 | 21:02

SUKABUMI, TVBERITA.com - Sedikitnya 28 ribu hektar lahan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) saat ini dalam status kritis. Adapun Luas Keseluruhan lahan TNGHS tersebut mencapai 113.357 ribu hektare, dengan adanya lahan kritis ini nampaknya sangat perlu perbaikan, lantaran keberadaanya sangat penting hal ini untuk melindungi hutan hujan serta sebagai wilayah tangkapan air bagi daerah pemukiman kabupaten di area TNGHS.

" Dari 28 ribu hektare lahan kritis yang ada, itu di peroleh dari pencitraan land scape tahun 2011. Jika dibiarkan maka akibatnya akan fatal dan perlu diketahui TNGHS tersebut merupakan hutan tropis yang sangat perannya terutama dalam menyuplai oksigen seluruh jawabarat," Kata ketua Balai TNGHS, Agus Priambudi dalam acara Kampung Konservasi Otsuka PT Amerta Indah Otsuka (AIO), Cicurug Selasa (19/6).

Dikataknnya, salah satu upaya yang dapat dilakukan yakni restorasi agar kembali berfungsi optimal sebagai kawasan konservasi. Adapun restorasi tersebut dalam praktiknya seperti yang dilakukan PT AIO dengan kampung konservasi Otsuka.

Diungkapkan Agus, pihaknya sangat berterimakasih kepada AIO sebagai perushaan swasta namun telah peduli terhadap lingkungan. " Saya harap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif agar ekositem yang hidup di TNGHS terselamatkan," tuturnya.

Sementara Director Of Corporate Affair PT AIO, Pratiwi Juniarsih menjelaskan, bahwa Kampung Konservasi Otsuka ini berlokasi di area TNGHS tepatnya di Desa Kutajaya Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi, dan penanaman yang dilakukan oleh perusahaan sebanyak 25 ribu pohon jenisnya Endemik dan pohon produktif ini, merupakan bagian dari kepedulian terhadap lingkungan.

"Kami rasa PT AIO ini selalu peduli terhadap lingkungan. Bahkan sebelumnya untuk lingkungan AIO terlibat dalam upaya pembersihan pantai di Palabuhanratu, salah satunya di pantai Citepus beberapa bulan lalu. Adapun Kampung Konservasi Otsuka ini merupakan suatu wadah mediasi mandiri dalam menjaga kelestarian lingkungan hutan serta air," paparnya

Sekedar diketahui, untuk pengelolaan dan pemeriharaan tanaman Endemik dan pohon produktif dalam pelaksanaannya masyarakatpun akan dilibatkan. Hal ini dilakukan agar terjalin edukasi untuk masyarakat dalam melindungi kelestarian hutan. Untuk itu diareal konservasi persentasenya tanaman endemik 80 % lalu produktif 20%, dimana produktif ini dapat dimanfaatkan warga masyarakat.( DD/WP ).
Share this article :

0 comments:

Post a Comment