view plainprint? view plainprint?
Kode script ChatBox Anda atau bisa diganti dengan kode widget atau apa sajalah terserah.....
ChatBox
Home » » Puluhan Rumah Hancur Diterjang Abrasi

Puluhan Rumah Hancur Diterjang Abrasi

Written By tvberita.com on Monday 16 July 2012 | 17:32

KARAWANG, TVBERITA.com - Puluhan rumah warga di pesisir pantai utara Karawang mengalami rusak parah dan sebagian lagi ambruk akibat tergerusnya bibir pantai oleh air laut. Sudah hampir dua minggu ini pantai utara Karawang mengalami abrasi yang menghancurkan puluhan rumah dan badan jalan yang ada di Dusun Cemara, Pisangan Desa Cemarajaya Kecamatan Cibuaya Karawang Jawa Barat.

Warga yang terkena abrasi itu tidak bisa berbuat banyak, mereka hanya bisa menumpang di rumah tetangga yang tidak terkena abrasi untuk sementara waktu. Sebagian dari merekapun tidak bisa mencari pekerjaan karena rumah yang mereka tinggali rusak parah.

Berdasarkan pantauan TVBerita.com dilapangan menunjukan, jarak antara bibir pantai ke pemukiman warga dan tambak bandeng yang menjadi lahan pencaharian sebagian besar masyarakat disana hanya tinggal 1 meter. Aparat desa sendiri terus berupaya mengingatkan para warga agar berhati hati dan terus berjaga jaga apabila terjadi laut pasang.

Sementara itu, ombak besar dan cuaca buruk yang disertai angin kencang membuat para nelayan harus menghentikan aktifitasnya mencari ikan dilaut. Mereka hanya bisa membenahi jaring jaring mereka dan mengontrol peralatan mesin serta membersihkan perahu.

Bahkan untuk membiayai hidup mereka sehari-hari, mereka harus meminjam uang kepada tetangga. Bahkan hingga ada yang menjual barang berharga mereka untuk bertahan hidup.Para warga dan nelayan berharap Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat bisa mengantisipasi permasalahan abrasi yang terus menerus tejadi diwilayah mereka.(Usman Zulham)
Share this article :

0 comments:

Post a Comment