view plainprint? view plainprint?
Kode script ChatBox Anda atau bisa diganti dengan kode widget atau apa sajalah terserah.....
ChatBox
Home » » Ratusan Buruh Di Kabupaten Sukabumi Kepung Bupati Tuntut Kenaikan Upah

Ratusan Buruh Di Kabupaten Sukabumi Kepung Bupati Tuntut Kenaikan Upah

Written By tvberita.com on Monday 30 April 2012 | 21:55

SUKABUMI ( TVberita.com)- Peringati Mayday,ratusan buruh dari sejumlah pabrik industri tekstil antara lain Youngjin, GSI (2) GSI (2) dan Royal yang tergabung dalam Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) di Kabupaten Sukabumi , Senin (30/4) pagi mengepung dan melakukan aksi unjuk rasa di Gedung Negara Pendopo Kabupaten Sukabumi yang berada di Kota Sukabumi.

Aksi unjuk rasa yang di lakukan oleh ratusan buruh tersebut, merupakan menuntut Bupati Sukabumi Sukmawijaya agar menaikan Upah Minimim Kabupaten, lantaran upayah yang di berika saat ini ole pihak perusahan sudah sangat tidak memadai dengan kebutuhan hidup layak (KHL) yaitu Rp. 8850. mereka menuntut Bupati untuk menaikan menjadi Rp. 1060.000. dan menandatangani usulan yang diajukan oleh ratusan buruh tersebut.

“ Tuntutan tersebut merupakan tuntutan yang wajar dan normal apabila dari kenaikan tahun ini (2012) yang hanya 4.1 (atau hanya 35.000). Kemudian kenaikan tersebut masih dibawah hasil survei KHL tahun sebelumnya, “ Kata Popon salah satu orator dar SP TSK SPSI Kabupaten Sukabumi.

Popon mengatakan, angka upah yang di tuntut oleh ratusan butuh tersebut, masih dibawah hasil survei, apalagi dikaitkan dengan infalsi, akibat ketidak jelasan kebijakan pemerintah mengena kenaikan harga BBM, tuntutan tersebut rendah dan kurang memenuhi tuntutan layak kaum buruh,

Menanggapi aksi orasi yang dilakukan oleh ratusan buruh di gedung pendopo tersebut, Bupati Sukabumi yang di dampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sukabumi Aam Ammar Halim, mengatakan pihaknya akan mengabulkan dan menandatangi atas aspirasi tuntutan kenaikan Upah yang dilakukan oleh ratusan buruh tersebut.

Hanya saja Bupati Sukabumi Sukmawijaya dalam memberikan penjelasan dihadapn ratusan buruh tersebut menerangkan, bawha pihaknya menandatangi tuntutan tersebut merupakan akanmengupayakan kenaikan upah para buruh, namun tentunya melalui mekanisme dan pihaknya akan berkoeerdianasi dengan dewan pengupahan, paparnya.

Aksi masih terus berlanjut ketika pihak Bupati meleparkan kenaikan upah tersebut ke pihak dewan pengupahan, dan ratusan buruhpun menuntut kalau pada 2013 mendatang tidak ada perubahan para buruh akan melakukan aksi demo besar-besaran.

Sebelumnya para buruh tersebut melakukan aksi konpoi di sepanjang jalur lingkar selatan , kemudian dilanjutkan ke jalan baros. Ratusan buruh kemudian menuju pendopo Kabupaten Sukabumi, dan dengan penjagaan yang ketat dari pihak aparat gabungan aparat Polres Kota Sukabumi dan Polres Sukabumi. Sekitar 12.00 Ratusan buruh tersebut membubarkan diri setelah mendapat kejelasn dari pihak Bupati Sukabumi.(DD/W.Topan)





BERITA SEBELUMNYA

Share this article :

0 comments:

Post a Comment