view plainprint? view plainprint?
Kode script ChatBox Anda atau bisa diganti dengan kode widget atau apa sajalah terserah.....
ChatBox
Home » » Bupati Tutup Kegiatan BSMSS di Jatisari

Bupati Tutup Kegiatan BSMSS di Jatisari

Written By tvberita.com on Tuesday 5 June 2012 | 17:19


KARAWANG, TVBERITA.com - Selesainya kegiatan Bhakti Siliwangi bukan berarti selesai pula kegiatan masyarakat dalam melaksanakan pembangunan pedesaan, tetapi harus tetap dilestarikan jalinan kemanunggalan TNI dengan rakyat secara berkelanjutan, pada gilirannya diharapkan dapat mendorong minat dan hasrat masyarakat untuk bergotong royong membangun desanya masing-masing. Demikian dikatakan Bupati Karawang Drs. H. Ade Swara,MH dalam sambutannya pada acara penutupan BSMSS (Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa) di Desa Barugbug Kecamatan Jatisari, Selasa (5/6/2012).

Bupati juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada segenap anggota TNI yang telah berhasil menyelesaikan berbagai kegiatan pembangunan fisik seperti pengaspalan jalan, penyirtuan jalan desa, perbaikan rumah-rumah penduduk dan pembuatan MCK (Mandi Cuci Kakus). Ade Swara  juga mengharapkan agar kegiatan non fisik seperti, penyuluhan dan sosialisasi diharapkan adanya perubahan sikap, mental dan pemahaman masyarakat terhadap program-program pembangunan terutama pembangunan pendidikan, pembangunan kesehatan dan Pembangunan Ekonomi kerakyatan.

Menurutnya, sebagaimana telah manjadi komitmen TNI Khususnya di lingkup Kodam III Siliwangi, Program Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa mengemban misi sosial dalam konteks pembangunan nasional, kegiatan BSMSS senantiasa berorientasi pada upaya mengatasi kesulitan masyarakat, membantu serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengoptimalkan pemberdayaan segenap potensi sumber daya manusia, khususnya dalam menumbuhkan sikap kemandirian, rasa peduli serta tanggung jawab terhadap diri sendiri, keluarga dan lingkungan disekitarnya.

Menurut Bupati tujuan kegiatan ini  adalah memberikan motivasi kepada masyarakat yang ada di pedesaan, karena melalui program ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran seluruh warga untuk mampu memanfaatkan berbagai potensi dan sumber daya yang dimiliki, yang pada gilirannya akan berdampak positif bagi proses penyadaran dan pemberdayaan masyarakat untuk membangun diri dan lingkungannya secara swakarsa dan swadaya.

"Saya yakin dan percaya, target kemandirian tersebut akan bisa diraih seluruh warga masyarakat desa, karena sesungguhnya potensi untuk itu telah dimiliki. sebagaimana yang telah ditunjukan selama dilaksanakannya program bhakti siliwangi manunggal satata sariksa ini, dengan kesadaran yang tinggi untuk bergotong royong bersama-sama prajurit TNI menyelesaikan berbagai kegiatan program ini," katanya.

Bupati menekankan segala hasil yang telah diperoleh dalam kegiatan ini khususnya yang bersifat fisik hendaknya dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin dengan tanpa mengabaikan unsur pemeliharaannya dan yang terpenting adalah berbagai hasil bhakti siliwangi manunggal satata sariksa ini baik yang bersifat fisik maupun non fisik hendaknya dapat ditindaklanjuti dan ditingkatkan melalui program ataupun kegiatan lainnya, karena pada hakikatnya kegiatan BSMSS harus jadi motivasi pembangunan desa dan masyarakat pedesaan harus mampu memberdayakan lingkungannya, sebagaimana tujuan kegiatan ini. 

Dalam kegiatan ini, TNI dan warga setempat telah melakukan pengerasan Jalan 750x3 meter, plesterisasi rumah kurang sejahtera sebanyak 15 unit, jambanisasi keluarga 50 unit, pos Kamling 2 unit, pengecoran jalan lingkungan di 2 dusun sepanjang 350x2x12 cm dan 320x2x12 cm, termasuk jembatan 6x0.80 meter, semuanya itu telah selesai 100 persen. Usai penutupan Bupati Karawang Ade Swara, Dandim 0604 Karawang Letkol R. Haryono termasuk Sekda Karawang bersama pejabat terkait meninjau lokasi hasil BSMSS. (asep saepudin hasan)

Share this article :

0 comments:

Post a Comment