view plainprint? view plainprint?
Kode script ChatBox Anda atau bisa diganti dengan kode widget atau apa sajalah terserah.....
ChatBox
Home » » Dipicu Masalah Lising Aksi Bentrok Antar Ormas Terjadi Di Sukabumi

Dipicu Masalah Lising Aksi Bentrok Antar Ormas Terjadi Di Sukabumi

Written By tvberita.com on Thursday 14 June 2012 | 18:43






SUKABUMI, TVBERITA.com - Gara-gara persoalan lising Dua Organisasi Masyarakat (Ormas) di Sukabumi Kamis (14/6) Siang terjadi bentrok di sekitar halaman Mapolres Sukabumi. Tak hanya aksi kejar-kejaran dan saling hadang saja, aksi baku hantam antar ormaspun terjadi, namun aksi baku hantam tidak berlangsung lama karena aparat Polres Sukabumi Kota cepat mengamankan kejadian tersebut.

Adapun aksi demonstrasi gabungan organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam dan ormas kepemudaan serta kemahasiswaan yang sempat diwarnai bentrokan tersebut terjadi di Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Sukabumi

Terjadinya bentrok antar Ormas tersebut pada saat ratusan ormas islam sedang melakukan konvoi sekitar 50 meter menuju Mapolres Sukabumi Kota. Namun saat ormas gabungan tengah melkukan konvoi, diduga sempat mendapatkan perlawanan dari sekelompok massa yang berada di seputar Lapangan Merdeka.

Kami menggelar aksi demo ini karena sudah mendapat izin. Tujuan Kami sebenarnya mau ke Mapolres Sukabumi Kota untuk menyampaikan aspirasi, akan tetapi saat kami konvoi ada yang menghadang kami,'' kata Ketua Garis Sukabumi, Idun Komarudin kepada wartawan

Sementara saat pulang dari Mapolres Sukabumi, massa demonstran kembali dikejar sekelompok massa dari Lapangan Merdeka, Saat itu, puluhan sepeda motor yang melintas Lapangan Merdeka sempat sesaat berhenti dan meraung-raungkan knalpot. Akibstnys, sekelompok massa melakukan pengejaran.

Namun aksi pengejaran massa langsung mendapatkan pengadangan puluhan anggota jajaran Polres Sukabumi Kota. Massa didorong mundur hingga ke Gedung Olahraga (GOR) Merdeka.

Begitu juga massa puluhan demonstran yang mengendarai sepeda motor pun diperintahkan untuk cepat meninggalkan lokasi. Dalam pembubaran aksi massa di Lapangan Merdeka, Kepala Polres Sukabumi Kota AKBP Witnu Urip Laksana langsung memimpin di lapangan.

Meski sempat terjadi bentrokan, massa gabungan dari 16 organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam dan kepemudaan serta kemahasiswaan tetap melanjutkan aksi di Mapolres Sukabumi.Kini belasan orang perwakilan dari ormas Islam, di antaranya dari Gerakan Ormas Islam Bersatu (Goib), Garis, HIAS, IMG, Hammas, Sapu Jagat, PB Himasi diterima di ruang rekonfu Polres Sukabumi Kota.

Mereka diterima Kepala Polres Sukabumi Kota AKBP Witnu Urip Laksana. Juga dihadiri perwakilan DPRD Kota Sukabumi Dedi R Wijaya dan Pemkot Sukabumi Hardi Harpan.

''Maksud Kami melakukan aksi ini hanya ingin menindaklanjuti laporan adanya dugaan penghinaan dan pelecehan terhadap guru kami, Abah KH Asep Sirojudin Mahmud oleh oknum leasing,'' kata Jabar selaku Koordinator lapangan aksi, di Mapolres Kota Sukabumi Kamis siang.

Akan tetapi bentrok antara ormas tersebut nyaris terjadi kembali saat ormas Islam membubarkan diri dan aksi saling kejar pun kembali terjadi lagi. Bahkan aparat Kelopisianpun sempat kewalahan, karena melihat ormas yang begitu banyak dari kedua belah pihak. Meski ormas sangatlah banyak. Aparat kepolisian tetap menjaga ketat di seputar bentroknya kejadian. Aksi mereda dan terkendali saat polisi mengawal ormas akan membubarkan diri. Hingga sore hari ratusan anggota Polres Sukabumi menjaga ketar sejumlah titik perlintasan yang ada di Kota Sukabumi.(DD/WTP)
Share this article :

0 comments:

Post a Comment