view plainprint? view plainprint?
Kode script ChatBox Anda atau bisa diganti dengan kode widget atau apa sajalah terserah.....
ChatBox
Home » » Petani Kalangsuria Terancam Gagal Panen

Petani Kalangsuria Terancam Gagal Panen

Written By tvberita.com on Friday 20 July 2012 | 19:52

KARAWANG, TVBERITA.com - Para petani di Desa Kalangsuria, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, terancam gagal panen pada musim tanam tahap kedua ini. Pasalnya, tanaman padi yang awalnya subur kini menjadi keputihan dan sebagian memerah layu.

Salah seorang petani setempat Supartman (53) mengatakan, sudah dua kali tanaman padinya itu terserang hama dan terancam gagal panen. Menurutnya, hama tersebut menyerang tanaman padinya ketika baru berumur sebulan lebih.

"Akibat serangan hama ini, kami merasa dihantui ancaman gagal panen, meskipun sebagian tanaman padi masih terlihat ada yang bagus. Saya rasa ini akibat hama kupu-kupu, kelihatan dari perubahan warna yang awalnya memutih kini menjadi kuning dan sebagian ada yang memerah," katanya pada TVBERITA.com, Jumat (20/7).

Di wilayah Kalangsuria, serangan hama hampir merata dan kebanyakan para petani kesulitan untuk membasmi hama tersebut. Karena, obat pembasmi yang saat ini digunakan para petani masih belum mampu mengatasi atau membasmi hama itu.

"Serangan hama hampir merata, dan para petani tidak bisa berbuat apa-apa lantaran obat yang digunakan tidak bisa diandalkan. Serangan hama ini, dimungkinkan karena pasokan air pun berkurang dan hama sering menyerang dipagi hari," jelas warga Dusun Gambarsari, Desa Kalangsuria ini.

Petani lainnya, Eman (63) menuturkan, hama kupu-kupu saat ini sering menghantui petani yang padinya tengah beranjak subur. Saat ini pula, petani biasanya tidak bisa mengatasi hama kupu-kupu itu. Akibatnya, petani sering mengalami kerugian karena tanaman padi mereka rusak.

"Tanaman padi yang terserang hama kupu-kupu ini, batangnya akan menguning dan tak lama kemudian isi padinya kosong. Petani kesulitan memberantas hama ini, baik dengan cara manual atau pun dengan obat semuanya tidak membuahkan hasil," pungkasnya.(Husna Bahreisy)
Share this article :

0 comments:

Post a Comment