view plainprint? view plainprint?
Kode script ChatBox Anda atau bisa diganti dengan kode widget atau apa sajalah terserah.....
ChatBox
Home » » Disbudpar Gelar Kaulinan Budak Lembur

Disbudpar Gelar Kaulinan Budak Lembur

Written By tvberita.com on Wednesday 23 May 2012 | 20:20







KARAWANG, TVBERITA.com - Untuk melestarikan budaya, Disbudpar (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata) Kabupaten Karawang kembali menggelar Festival Kaulinan Barudak yang diikuti anak-anak sekolah dari dari 30 kecamatan se-kabupaten, Rabu (23/5/2012) siang di halaman GOR Teluk Jambe Timur.

Pada festival kaulinan ini, ada 10 permainan yang dilombakan, diantaranya engrang, kelom batok, rorodaan, sondah, sorodot gaplok, perepet jengkol, gatrik, gangsing, bedil jepret dan sumpit. Sepuluh permainan itu dilakukan estafet, start dari engrang hingga terakhir melakukan permainan sumpit, semua dilakukan tim dengan masing-masing anak sesuai bidang permainannya.

Peserta adalah anak-anak sekolah dasar yang dipilih oleh tiap-tiap UPTD TK-SD sebagai perwakilan kecamatan. Meski anak-anak ini sudah terbiasa melakukan permainan tersebut, tetapi pada lomba ini tampak beberapa tim yang grogi saat lomba berlangsung, terlebih peraturan permainannya yang belum baku.

Dijelaskan Kepala Disbudpar Karawang, Acep Jamhuri di sela kegiatan tersebut, permainan ini merupakan budaya kearifan lokal yang harus dilestarikan, mengingat saat ini anak-anak sekolah dasar cenderung mensukai permainan modern. Selain itu, festival kaulinan barudak ini bertujuan untuk melestarikan budaya-budaya Sunda yang kini mulai pudar tersisihkan oleh perkembangan globalisasi.

"Kaulinan ini lebih ramah lingkungan dan kita berharap, kedepan kita bersama-sama menumbuhkan lagi tentang kearifan lokal kaulinan budak lembur ini," kata Acep. (asep saepudin hasan)
Share this article :

0 comments:

Post a Comment